live in honest

Senin, 22 Desember 2008

UU BHP


Sabtu, 20 desember yang lalu terjadi aksi anarkis yang dilakukan mahasiswa di kampus UIN Sunan Kali Jaga. Pada saat yang bersamaan saya sedang menjadi MC acara AMT PPK Saintek di Gedung Multi Purpose. Suasana di luar ruangan tak terdengar sama sekali. Kami larut dalam suasana gembira yang diciptakan sang trainer. Setelah acara selesai saat para peserta berhamburan keluar ruangan. Namun belum jauh melangkah banyak dari mereka yang berteriak dan terkejut dengan aksi yang dilakukan sekelompok mahasiswa tersebut.
Batu-batu beterbangan melewati pagar pembatas. Ukuran dan jenisnya pun beragam. SAYA juga sangat terkejut, sangat disayangkan sekali aksi seperti ini terjadi di Kampus UIN Suna Kalijaga. Tindakan yang dilakukan tersebut bisa membahayakan orang – orang sekitar yang tak bersalah. Setelah saya lihat lebih dekat, ternyata yang melakukan aksi bukanlah mahasiswa UIN, melainkan para mahasiswa yang entah dari kam
Setelah mendengar orasi mereka saya baru tahu ternyata mereka melakukan aksi protes karena diberlakukannya UU BHP, mereka menganggap dengan adanya UU tersebut pendidikan dijadikan sesuatu yang komersil. Tak ada lagi pendidikan murah untuk rakyat miskin. Pemerintah terkesan lepas tangan terhadap dunia pendidikan di Indonesia.
Menurut saya apa yang dilakukan mahasiswa tersebut, pada dasarnya bagus. Karemna mahasiswa sendiri memiliki fungsi sebagai control terhadap pemerintahan. Mahasiswa dianggap sebagai kaum intelek, dengat semngat muda yang masih menyala.
Namun yang membuat saya kurang simpatik kepada mereka adalah cara mereka dalam menyampaikan aspirasi. Mahasiswa sekarang lebih menyukai cara kekrasan dalam menyelesaikan masalah, masalah apaun itu. Bisa kita lihat banyak di TV yang memberitakan tindak kekerasan antar mahasiswa. Itu menjadi cermin betapa buruknya budaya yang ada pada kalangan mahasiswa sekarang,….
Memang tidak semua mahasiswa melakukan tindakan serupa, masih banyak juga mahasiswa yang mampu menyelesaikan segala urusan dengan bijak. Itulah sosok mahasiswa yang sesungguhnya diharapkan mampu memimpin bangsa ini.

Label: ,

1 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda