live in honest

Selasa, 03 Februari 2009

make a useful thing in your life



waktu ikut SEF kemaren, q baru tahu nama - nama seperti randy pausch dan terry fox. mereka berdua benar - benar membuat sesuatu yang menginspirasi orang banyak. Materi ini diberikan oleh pak zainal fanani waktu SEF (SPA Empowering Forum ). Benar - benar menggugah hati saya.

Dikisahkan ada seorang doktor dari virginia yang menjadi seorang dosen, ia merupakan dosen yang banyak dikagumi mahasiswanya. pada tahun 2006, randy divonis oleh dokter mengalami kanker pankreas akut, dan hidupnya diperkirakan hanya tersisa sekitar 6 bulan. mendengar vonis tersebut randy sama sekali tak terlihat sedih, ia malah tersenyum meninggalkan dokternya.

saat menceritakan kepada keluarganya , tak sedikut pun kesedihan tampak di wajahnya. dengan penuh senyum ia menceritakan kepada istri dan anaknya bahwa dia divonis kanker pankreas akut oleh dokter. mendengar hal tersebut kontan saja istrinya yang begitu mencintai randy menangis tersedu -sedu. Ia belum siap kehilangan randy. Pada saat itu ia berpesan kepada anak-anaknya bahwa laki -laki itu dilihat bukan berdasarkan omongannya melainkan berdasarkan perbuatan apa yang dilakukan.

hari demi hari randy lalui dengan mempersiapkan pidato yang akan di sampaikan di sebuah universitas tempat ia meraih gelar doktor. ia berpidato dengan begitu semangat hingga seluruh pendengarnya merasa terinspirasi oleh apa yang ia katakan. di akhir pidatonya ia berkata, pidato ini bukan lah ku persiapkan untuk kalian, melainkan wasiat untuk anak -anak ku.

pada pertengahan 2008 randy meninggal dunia. namun rekaman pidatonya masih menginspirasi orang - orang. lebih dari 6 juta orang telah menonton video tersebut. tidak hanya itu ia juga menuliskan sebuah buku.

lain randy lain pula terry fox, tery adalah seorang remaja di kanada yang terobsesi menjadi atlet profesional. Namu saat bernjak remaja ia harus menerima kenyataan pahit bahwa ia mengalami kanker tulang, dokter menyareankan untuk mengamputasikakinya dari lutut kebawah. dengan berat hati terry menerima kenyataan ini. bagaimana mungkinm menjadi atlet profesional dengan kaki yang diamputasi??

Selang beberapa kemuadian ketika terry mengunjungi dokternya, sang dokter berkata bahwa mereka telah melakukan kesalahan. awalnya terry mengira dia tidak jadi menderita kanker tulang. ternyata yang dimaksud sang dokter adalah bahwa mereka harus kembali mengamputasi kaki terry karena kankernya sudah mencapai paha.

meski kakinya diamputasi sampai paha, bukan berarti terry hanya bisa bersedih dan mengurung diri di kamar. ia malah mempunyai ide gila yaitu berlari dari ujung pantai barat samapai pantai timur kanada guna mengumpulkan dana untuk riset tentang kanker, agar nantinya tak ada lagi orang yang menderita akibat kanker. orang tua terry benar - benar tak menyangka dengan keputusan anaknya. mereka tak bisa mendukung ide anaknya tersebut. hanya ada 1 orang yang mendukung terry, yaitu teman 1 kamarnya di universitas.

ternyata apa yang diucapkan terry benar2 ia lakukan. pada awalnya ia hanya mempunyai terget mengumpulkan uang 100.000 dolar, dan saat itu hampir tidak ada orang yang memperdulikan dia. lama kelamaan banyak orang yang mendukuyng terry, mereka memberikan sumbangan kepada terry. akhirnya tery menaikkan tarrgetnya menjadi 24,1 juta dolar. setaiap 1 warga kanada menyumbang 1 dolar.

ternyata apa yang menjadi targetnya terwujud, namun belum sempat mengakhiri tujuan akhirnya, yaitu pantai barat, terry dilarang oleh tim dokter. mereka mengatakan umur terry hanya berlisar 6 - 8 jam lagi. maka terry diamankan menggunakann pesawat dan mobil ambulans. benar saja, tak lama setelah dibawa kerumah sakit terry koma dan meninggal.

sungguh fantastis,.....ia telah berlari sejauh 500o kilometer selama hampir 2 bulan. SUBHANALLAH. berkat pengorbanannya itu terry dikenal sebagai pahlawan di negaranya. dan dibuatkan sebuah patung dirinya untuk mengenang jasanya.

bagaimana dengan kita yang belum tahu kapan akan dipanggil ALLAH SWT?? akankah kita selalu bersantai - santai karena mengira umur kita masih panjangg??atau dari sekarang kita mulai melakukan hal yang berguna untuk orang lain???itu semua hanyalah pilihan dan ynag akan menentukan adalah kita sendiri.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda