live in honest

Kamis, 02 April 2009

bahagia, milik siapakah.........?

Bahagia tentunya adalah keinginan semua orang. Kalo ditanya satu-satu ke orang-orang, apa yang jadi harapan mereka didunia ini, jawabanya pasti “bahagia”. Gak mungkin banget ada orang yang mau susah, menderita, melarat, sedih, dan lain-lainya. Yang jadi pertanyaan adalah kenapa sih semua orang mau bahagia???kebahagian macam apa yang diinginkan sesorang???(ada yang bisa jawab? Ada doorprizenya loh.....nginep 3 hari gratis di bonbin he,....3x).
Untuk menjawab pertanyaan pertama, coba kita lihat pada realita. Semua orang rela belajar bertahun-tahun dari TK sampai S3 untuk mengumpulkan ilmu. Ilmu tersebut digunakan agar dapat bekerja. Kerja itu mencari penghasilan. Nah.. penghasilan inilah yang dianggap sebagian besar orang sebagai kebahagian. Sebagian manusia berpaendapat dengan uang yang banyak, seluruh kebutuhan materi tercukupi, dapat membeli apa yang diinginkan itulah kebahagian. Padahal belum tentu. Banyak orang yang karena terlalu sering bekerja, tidak sempat memanfaatkan hasil yang mereka peroleh. Beberapa orang yang bekerja terlalu keras malah bisa mendapatkan stress. Seperti hal yang pernah diceritakan oleh seorang teman, bahwasanya di Singapura sana, banyak orang kaya. Harta mereka berlimpah ruah. Rumah mereka mewah dan perhiasan mereka indah bukan kepalang. Tetapi apa yang terjadi????meraka justru menjadi lebih cepat terserang stress karena khawatir jabatan yang mereka duduki sekarang diambil alih orang lain.
Wah kok malah melebar gini he,....3x. Kembali ke pertanyaan diatas, nah dari paragraf sebelumnya sudah dijelaskan kita sesungguhnya sudah mengejar kebahagian sejak kecil. Makanya kita belajar di TK. Intinya kebahagiaan adalah fitrah manusia. Hal ini saya kira sudah menjawab pertanyaan yang pertama.
Kalo pertanyaan yang kedua jawabanya beragam banget, tergantung pribadi masing-masing. Ada yang bahagia bila memberi ada juga yang bahagia bila diberi. Ada yang bahagia bila memuji ada pula yang bahagia bila dipuji. Ada yang bahagia bila mencintai ada pula yang bahagia dicintai. Nah bentuk – bentuk kebahagian tersebut ternyata dipengaruhi oleh kepribadian.
Kepribadian orang yang bahagia apabila di- :
1. menuntut diri menjadi pusat perhatian
2. selalu merasa miskin kaena selalu “di “
3. mudah marah, tersinggung dan berjiwa kerdil
4. selfish, suka menjadi beban bagi orang lain
5. suka jaim
6. bermental selebritis, berjiwa boss
7. negative thingking

sedangkan kepribadian orang yang bahagia bila me- :
1. Sumber inspirasi
2. kaya hati dan rendah hati
3. pemaaf, empatik dan berjiwa besar
4. mengikhlaskan diri menjadi berkah bagi lingkungannya
5. dewasa, istiqomah, amanah dan setia.
6. bermental guru, berjiwa peminpin
7. positive thingking

Bagaimana dengan anda ???termasuk pribadi yang bagaimana??silakan jawab sendiri. Namun perlu saya sampaikan bahwasanya kebahagian itu didapat bila kita bersyukur. Sekaya apapun kita, jika tidak bersyukur tetap saja merasa miskin dan tidak bahagia. Semiskin apapun kita asal tetap bersyukur dan berusaha pasti kita akan merasa kaya dan bahagia.
”Jika engkau bersyukur, niscaya Ku tambah nikmatmu dan jika engkau kufur, sesungguhnya azab Ku sangatlah pedih” (Q.S Ibrahim:7 ).
Sekian semoga kita termasuk golongan orang yang bersyukur.amiiiin

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda